Pajak Perusahaan Headhunter

Headhunters

Pertanyaan :

YTH manager konsultan pajak,

 Selamat pagi pak, saya ada beberapa pertanyaaan menegenai pajak. Jika bapak tidak keberataan, sangat dihargai jika bapak rela menjawab pertanyaan saya.
Pertanyaan saya adalah, pajak apa saja yang perlu dibayar perusahaan (PT) jasa konsultan (headhunter services) dengan pendapatan bruto kurang dari 4.8miliyar seperti PPN dan PPH? dan bagaimana cara kerjanya (berapa persen)?
 
Terima kasih dan selamat pagi!
 
 Best regards,
 Christine
Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaan yang dilayangkan ke email kami, kami akan menjawab perihal Pajak Perusahaan (PT) Jasa Konsultan (Headhunters).
Perusahaan Jasa Konsultan (Headhunters) sepengetahuan saya adalah perusahaan yang menyediakan jasa Rekrutmen bagi tenaga – tenaga ahli / karyawan yang akan disalurkan kepada Perusahaan Pengguna. Adapun Objek yang dijual adalah “Jasa Rekrutmen”.
Untuk menentukan pajak apa saja yang harus dibayarkan dan / atau dilaporkan, mari kita bahas bersama :
  1. PPH badan, karena ini berbentuk PT maka yang harus dibayarkan adalah Pajak PPh 25/29.  Kemudian kita lihat lagi PT. ini  baru berdiri atau sudah lebih dari satu tahun ? Jika baru berdiri maka harus dibayarkan PPH 25/29. Adapun jumlahnya dapat dihitung berdasarkan omzet bulan pertama operasi, besaran presentase berjenjang sesuai pendapatan. Sedangkan jika PT ini sudah beroperasi lebih dari setahun dan ber omzet dibawah 4,8 Milyar maka harus membayar PPh psl 4 (2) seseuai PP 46/ 2013. Besarannya 1 % dari omzet.
  2. PPH potong / pungut, jenis pajak ini tergantung dari transaksi yang dilakukan perushaan, umumnya setiap perusahaan harus memotong dan membayarkan Pph 21 bagi karyawannya. Besarannya berjenjang sesuai pendapatan.
  3. PPN, Karena Omzetnya dibawah 4,8 Milyar maka tidak wajib menjadi PKP atau tidak wajib memungut PPN. Namun demikian ini tergantung dari lawan transaksi, jika lawan transaksi meminta PPN atas penjualan maka mau tidak mau PT ini harus mendaftarkan diri sebagai PKP. Besarannya 10 %
Demikian kiranya jawaban kami atas pertanyaan Ibu Christine, mudah-mudahan jawaban ini dapat memuaskan.
Terima kasih
Kusmargono
Certified Tax Consultant
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s