Bagaimana Pengenaan PPN ?

ppnPertanyaan :

“Sy mau tanya. sy bekerja di suatu perusahaan ekspedisi. baru-baru ini, perusahaan kami dikenakan pph 23, karena ada pemberlakuan (klo gak salah) mulai agustus 2015. Kemudian, waktu itu ada salah satu perusahaan pengguna jasa kami, menanyakan apakah kami ada ppn. menurut atasan sy, tidak ada ppn karena kami PTKP (non PKP), yg ingin sy tanyakan tentang ppn. bagaimana pengenaan ppn tersebut? apakah kami harus menambahkan ongkos kirim jasa kami 10% ato bagaimana? karena sy tau nya ppn itu untuk barang
Sy tunggu responnya”

Jawaban :


Terima kasih atas pertanyaan Sudari Nvidya dwiA yang dikirimkan melalui web ini

  1. Pengenaan PPN terhadap barang / jasa dibebankan sebesar 10 % dari nilai harga jual, misalkan Harga Jual Barang / Jasa sebesar Rp. 1.000.000 maka penjual harus membebankan sebesar Rp. 100.000.
  2.  Jika Perusahaan Saudari sudah ditetapkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) maka otomatis harus membebankan PPN pada setiap Barang / jasa yang dijual. Untuk menjadi PKP,  Perusahaan / OP (Orang Pribadi) harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Kantor Pajak setempat. Adapun Perusahaan / OP yang WAJIB mendaftarkan sebagai PKP adalah perusahaan / OP yang beromzet diatas Rp. 4,8 Milyard setahun. Namun demikian Perusahaan / OP yang beromzet di bawah 4,8 Milyard setahun juga dapat mengajukan diri sebagai PKP jika memang dibutuhkan, artinya bersifat sukarela.

Perlu saya tambahkan bahwa bukan hanya “barang” saja yang dikenakan PPN, setiap produk baik berupa barang ataupun jasa yang memiliki nilai tambah harus dikenakan PPN selama Perusahaan / OP merupakan PKP. Pengecualian yang tidak dikenakan PPN untuk Barang- barang kebutuhan pokok seperti beras, daging, telor dll.

Demikian jawaban dari kami, mudah mudahan dapat memuaskan.

Salam

Kusmargono

Certified Tax Consultant

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s