Apa Itu Tax Amnesty ?

-amnesti pajakSiang itu, telepon saya tiba tiba berdering….

A: “Haloo, apa kabar bro? gw Agus temen lama… ”

D: “Haloo juga, alhamdulillah baik Gus…, Lo gimana kabarnya?”

A: ” Baik baik… , langsung aja ya bro. Gini bro, lo kan konsultan pajak, gw mau tanya soal Tax Amnesty”

D : “Oooo boleh boleh bro, gw akan jawab sebisanya”

A : “Apa itu Amnesti Pajak?”

D : “Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak meliputi penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT, dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.”

A: “Saya bisa ikut Amnesti Pajak ?”

D : “Bisa banget bro…, asalkan lo ga dalam status Penyidikan Kasus Perpajakan di kejaksaan atau dalam proses peradilan atau terpidana kasus perpajakan”

A: “Caranya bagaimana bro ?”

D : “Simple aja bro, tinggal Ungkap, Tebus, Lega. Heheheh”

A : “Wah itu sih tau bro”

D : “Gini dah, lo kan udah punya NPWP?”

A : “Udah bro”

D : “Sudah lapor SPT 2015”?

A : “Sudah bro”

D : “Nah tahap awal siapkan saja

  1. Fotocopy SPT 2015,
  2. List semua harta yang belum dimasukan dalam SPT 2015
  3. List semua hutang yang belum dimasukan dalam SPT 2015
  4. Dokumen berkaitan harta yang dimiliki, (contoh Sertifikat, STNK kendaraan)
  5. Dokumen berkaitan dengan Hutang  (contoh statement Bank )

A : “Kalau tidak ada dokumennya, gimana ?”

D : “Untuk harta jika tidak ada dokumen pendukung, kita tinggal bikin surat pernyataan saja, misalkan perhiasan emas tanpa ada surat, maka tinggal dibuatkan surat pernyataan. Sedangkan untuk Hutang harus ada dokumen pendukung.

A : “Selanjutnya gimana bro ?”

D : “Kalau sudah semuanya, gampang bro. Hitung total Harta dan Hutang, kemudian kurangkan Harta dengan Hutang, hasilnya kalikan tarif. Kemudian siapkan saja dananya untuk membayarkan tebusannya.”

A :”Gitu aja? terus kita ga perlu isi formulir dll”

D : “Ya harus isilah boss…, silahkan saja download formulir-formulirnya disini

A : “Ngisinya Gimana ? ”

D : “Ya lo main main lah ke kantor gw, nanti gw bantu”

A : “Lantas keuntungannya apa kalau ikut TA ini”?

B : “Fasilitas Amnesti Pajak yang akan didapat oleh Wajib Pajak yang mengikuti program Amnesti Pajak antara lain:

  1. penghapusan pajak terutang (PPh dan PPN dan/atau PPn BM), sanksi administrasi, dan sanksi pidana, yang belum diterbitkan ketetapan pajaknya;
  2. penghapusan sanksi administrasi atas ketetapan pajak yang telah diterbitkan;
  3. tidak dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan;
  4. penghentian pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan, dalam hal Wajib Pajak sedang dilakukan pemeriksaan pajak, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan; dan
  5. Penghapusan PPh Final atas pengalihan Harta berupa tanah dan/atau bangunan serta saham”

A: “Wah lengkap banget bro, oklah gw siapin dlu data datanya, abis itu gw akan dateng ke tempat lo, Thanks ya bro ”

B : “ur welcome, kalau mau lebih lengkap bisa baca juga artikel ini

 

 

 

 

 

 

 

5 pemikiran pada “Apa Itu Tax Amnesty ?

  1. Selamat pagi..Bpk Don..saya mau bertanya saya terdaftar punya kartu npwp di tahun 2012.dan status saya karyawan kategori ptkp alias nihil di SPTnya..tahun 2014 saya ada transaksi beli rumah senilai +/-Rp 300jt tetapi kelupaan belum mencantumkan di formulir SPT.Dasar pembelian rumah tersebut (mengumpulkan uang dari tahun 2007 dari gaji yang diterima) Nah…yang saya mau tanyakan 1) Apakah saya perlu ikut Tax Amnesty atau tidak??
    2)Apakah bisa pembetulan di SPT saja
    3)jika tidak ikut Tax Amnesty apa efeknya ,apakah bakal dikejar petugas pajak jika rumah tersebut nanti mau dijual?
    4)Jika ada pembetulan SPT memakai formulir tipe yang mana? Dan kapan paling lambat disetorkan.. terima kasih

    Suka

  2. Selamat pagi..Bpk Don..saya mau bertanya saya terdaftar punya kartu npwp di tahun 2012.dan status saya karyawan kategori ptkp alias nihil di SPTnya..tahun 2014 saya ada transaksi beli rumah lunas senilai +/-Rp 300jt tetapi kelupaan belum mencantumkan di formulir SPT.2014 dan 2015 .Dasar pembelian rumah tersebut (mengumpulkan uang dari tahun 2007 dari gaji yang diterima) Nah…yang saya mau tanyakan 1) Apakah saya perlu ikut Tax Amnesty atau tidak??
    2)Apakah bisa pembetulan di SPT saja
    3)jika tidak ikut Tax Amnesty apa efeknya ,apakah bakal dikejar petugas pajak jika rumah tersebut nanti mau dijual?
    4)Jika ada pembetulan SPT memakai formulir tipe yang mana? Dan kapan paling lambat disetorkan.. terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

