Apakah saya harus ikut Tax Amnesty

amnestipajakSejak diluncurkannya program Tax Amnesty oleh pemerintah di bulan Juli 2016 ini, ternyata masih banyak WP yang merasa bingung. Rata-rata WP bingung apakah saya harus mengikuti TA atau tidak, dan jika harus ikut TA bagaiman caranya, jika tidak ikut TA apa konskwensinya dan banyak hal lainnya yang menjadi pertanyaan.

Dibawah ini ada 2 pertanyaan yang mungkin bisa mewakili para pembaca dalam kebingunan mengenai TA. Mengingat keterbatasan saya, mungkin tidak dapat menjawab secara memuaskan, namun saya akan coba menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut.

Selamat pagi….saya mau bertanya saya terdaftar punya kartu npwp di tahun 2012.dan status saya karyawan kategori ptkp alias nihil di SPTnya..tahun 2014 saya ada transaksi beli rumah lunas senilai +/-Rp 300jt tetapi kelupaan belum mencantumkan di formulir SPT.2014 dan 2015 .Dasar pembelian rumah tersebut (mengumpulkan uang dari tahun 2007 dari gaji yang diterima) Nah…yang saya mau tanyakan 1) Apakah saya perlu ikut Tax Amnesty atau tidak??
2)Apakah bisa pembetulan di SPT saja
3)jika tidak ikut Tax Amnesty apa efeknya ,apakah bakal dikejar petugas pajak jika rumah tersebut nanti mau dijual?
4)Jika ada pembetulan SPT memakai formulir tipe yang mana? Dan kapan paling lambat disetorkan.. terima kasih

Jawaban

  1. Sesuai Peraturan Dirjen Pajak No. 11 tahun 2016 , Pasal 1 ayat 2 : Orang pribadi seperti petani, nelayan, pensiunan, tenaga kerja Indonesia atau subjek pajak warisan yang belum terbagi, yang jumlah penghasilannya pada Tahun Pajak Terakhir di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak dapat tidak menggunakan haknya untuk mengikuti Pengampunan Pajak Artinya jika anda yakin penghasilan anda tidak lebih dari PTKP maka, anda dapat tidak mengikut TA.
  2. Sebaiknya anda bisa melakukan pembetulan saja di SPT 2015.
  3. Jika dikejar kejar orang pajak ya, tinggal lari mas…. hehehe (sorry becanda, jangan terlalu serius mas). Kembali ke jawaban no. 1, jika anda yakin penghasilan anda tidak lebih dari PTKP maka tidak perlu khawatir
  4. Pembetulan pakai Form SPT yang dipakai pada form SPT 2015, jika tidak ada perubahan dalam hal penghasilan

 

Saya ingin mengikuti program TA untuk kepemilikan rumah  yang status suratnya masih PPJB.

Pembelian rumah tsb dilakukan dgn KPR.
Pada saat pengajuan KPR, besarnya nilai gaji yang saya terima dibesar2kan oleh sales KPR bank tsb, agar dapat lolos dan apraisal kontrak KPR.

Sedangkan nilai gaji sesungguhnya yang saya terima hanya 1/3 dari nilai gaji yang terdeteksi pada pengajuan KPR.

Bagaimana saya harus melaporkan data pada TA nantinya ?
Kalau saya buat detail nilai gaji yang diterima berdasarkan besaran gaji pada pengajuan KPR, tahun berikutnya saya harus bayar PPh tahunan sangat besar sekali, sedangkan nilai gaji real saya saja sudah saya gunakan utk membayar KPR cicilan per bulan, bagaimana bisa saya membayarkan biaya atas PPh tsb.

Jawaban :

Untuk mengikuti Tax Amnesty tidak diperlukan data penghasilan (gaji), yang diperlukan adalah data harga aset yang akan diikutkan TA. Jadi anda tidak perlu risau mengenai data gaji pada TA.

Yang menjadi masalah adalah pada pelaporan SPT Tahunan, karena sangat berkaitan dengan penghasilan (gaji), saran saya pada saat pelaporan SPT sebaiknya dilaporkan apa adanya saja

Terima kasih

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s