Pajak Pertambahan Nilai (PK-PM)

ppn2

Mau tanya pak: “misalkan saya bisnis bbm, dan rencana mau ambil dengan pt.a lalu saya jual lagi ke pt.b. pertanyaannya, apakah ppn 10% itu saya tagih juga ke pt.b? Mengingat saya sudah bayar 10% untuk pt.a. jika saya tagih ke pt.b berarti harga bbm-nya jd naik lagi. Tolong pencerahannya. Thank”.

Terima kasih Pa Jimi atas pertanyaannya, saya akan coba jawab pertanyaan ini :

Jawabannya : Jika Bapak sudah PKP, Bapak harus kenakan PPN 10%, namun jika belum PKP, maka Bapak tidak dapat mengeluarkan Faktur Pajak PPN 10%.

Dalam PPN atau Pajak Pertambahan Nilai dikenal apa namanya Faktur Pajak Keluaran (PK)  dan Faktur Pajak Masukan (PM). Yang dimaksud Faktur PK adalah Faktur Pajak yang kita keluarkan dan diberikan Kepada Pembeli, sedangkan Faktur PM adalah Faktur Pajak yang diterima oleh Kita sebagai Pembeli.

Nah dalam kasus Pa Jimi, ketika Pa Jimi membeli dari PT. A, maka Pa Jimi akan membayar PPN 10% dari DPP (Dasar pengenaan Pajak), atas dasar tsb. Pa Jimi berhak memperoleh Faktur PPN dari PT. A. Kemudian ketika Pa Jimi menjual ke PT. B, Pa Jimi (dengan asumsi sudah PKP) mengeluarkan Faktur lagi sebesar 10% dari DPP ke PT. B. Pada saat pelaporan, Pa Jimi melaporkan Faktur PK dikurangi dengan Faktur PM, selisihnya dibayarkan kepada negara sebagai Pajak PPN Kurang Bayar Masa.

Intinya PPN yang dibayarkan Pa Jimi kepada PT. A dapat menjadi pengurang dari Faktur PPN yang Bapak Keluarkan untuk PT. B.  Namun demikian untuk mengeluarkan Faktur Pajak dan Melaporkan Pajak Masukan, Bapak diharuskan menjadi PKP terlebih dahulu. Jika Bapak belum menjadi PKP jangan coba coba membuat faktur Pajak.

Semoga memberikan pencerahan

Salam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s